JAGA WARGA KELURAHAN NGUPASAN TERIMA HIBAH PERALATAN PENANGANAN COVID-19 DARI DANAIS PEMDA DIY

Seperti kita ketahui bersama bahwa situasi dan kondisi kasus Corona Covid-19 di Kota Yogyakarta, dalam beberapa waktu terakhir ini telah mengalami penurunan yang sangat signifikan dan saat ini Kota Yogyakarta masuk dalam kategori PPKM level 2. Namun kondisi tersebut tidak lantas menyurutkan upaya pemerintah dalam mengantisipasi dan mengendalikan kasus pandemi Covid-19 di wilayah. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya pemberian bantuan hibah berupa peralatan penanganan Covid-19 yang bersumber dari dana kesitimewaan (danais) melalui Pemerintah DIY. 

Pendistribusian paket bantuan hibah dari Pemda DIY tersebut disalurkan melalui Pemerintah Kota Yogyakarta yang secara teknis dilaksanakan oleh pemerintah kelurahan se-Kota Yogyakarta yang kemudian diserahterimakan kepada masyarakat melalui komunitas Jaga Warga di wilayah kampung masing-masing. Seperti yang telah dilaksanakan oleh pemerintah Kelurahan Ngupasan pada tanggal 12, 15 dan 16 November lalu, komunitas Jaga Warga di empat kampung yakni ; Kampung Ngupasan, Kampung Ketandan, Kampung Ratmakan dan Kampung Kauman menerima paket bantuan hibah perlatan penanganan Covid-19. Dalam kesempatan serah terima bantuan tersebut, Lurah Ngupasan Drs. Didik Agus M menjelaskan bahwa "Masing-masing komunitas Jaga Warga menerima kurang lebih 13 macam bantuan peralatan dimana beberapa diantaranya yakni ; set tabung oksigen, oximeter, desinfektan foging, hazmat, handsanitizer, masker dan peralatan lainnya". 

Usai melakukan penyerahan bantuan hibah peralatan, dilanjutkan tim satgas Covid-19 Kelurahan Ngupasan, Babinkamtibmas, Babinsa, Linmas bersama-sama pengurus Jaga Warga melakukan kegiatan edukasi protokol kesehatan dan pemberian masker bagi warga masyarakat di wilayah. Hal tersebut sangat penting dilakukan untuk mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi dan menjaga protokol kesehatan dalam setiap aktivitasnya. Sebagai penutup rangkaian penyerahan bantuan dan kegiatan edukasi protokol kesehatan, Lurah Ngupasan kembali berpesan kepada Jaga Warga, bahwa, " Paket bantuan tersebut semoga dapat dimanfaatkan sebaik mungkin manakala masyarakat membutuhkan dan masyarakat juga harus tetap waspada dan peduli dengan tetap menjaga protokol kesehatan, sehingga situasi dan kondisi di Yogyakarta segera pulih dan aktivitas berjalan normal kembali", imbuhnya.