WAKIL WALIKOTA YOGYAKARTA DAN WAKIL KETUA DPRD YOGYAKARTA HADIRI MUSRENBANG DI KELURAHAN NGUPASAN

Mengawali kepengurusan RT dan RW yang baru yakni periode 2022 - 2024, hampir di semua kelurahan di Kota Yogyakarta menggelar kegiatan Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) di awal tahun 2022 ini, seperti yang telah dilaksanakan oleh Kelurahan Ngupasan pada 21 Januari 2022. Seperti pelaksanaan tahun sebelumnya, peserta musrenbang dihadiri oleh Ketua Kampung, Ketua RT dan Ketua RW serta beberapa ketua lembaga sosial tingkat kelurahan. Musrenbang Kelurahan Ngupasan tahun 2022 untuk perencanaan kegiatan 2023 kali ini sangat istimewa, karena dihadiri langsung oleh Wakil Walikota Yogyakarta, Drs. Heroe Poerwadi, MA dan Wakil Ketua DPRD Kota Yogyakarta, Ibu Dian Novitasari, S.Pd.

Dalam kesempatan sambutannya, Wakil Walikota Yogyakarta, berpesan bahwa, "Usulan kegiatan musrenbang untuk tahun 2023 nanti seyogyanya dialokasikan untuk program pemulihan ekonomi meski masih disaat pandemi, sebagai upaya cipta kondisi masyarakat untuk kembali bangkit dan membangun keberdayaan dan kemandirian di masa datang". Salah satu contoh riil usulan musrenbang untuk program pemulihan ekonomi masyarakat yakni dengan kegiatan pelatihan dan fasilitasi bagi pengusaha UMKM seperti kuliner dan kerajinan, mengingat sisi timur selatan JL. Malioboro masuk dalam wilayah Kelurahan Ngupasan, dimana kawasan tersebut sangat strategis sebagai destinasi utama bagi wisatawan dan warga Ngupasan hendaknya mengambil kesempatan dan manfaat ekonomis dari dunia pariwisata tersebut", imbuh pak Wawali. Di sisi lain, Wakil Ketua DPRD Yogyakarta, menyampaikan "Kami dari DPRD Yogyakarta mengapresiasi beberapa usulan Musrenbang  di Kelurahan Ngupasan, terutama kegiatan pemberdayaan masyarakat dan mari bersama-sama kita kawal demi kesejahteraan masyarakat".

Ketua LPMK Ngupasan, Bp. Julianto memaparkan tentang konsep perencanaan pembangunan kewilayahan di empat kampung, yakni Kampung Ngupasan, Ketandan, Ratmakan dan Kauman. Secara spesifik sosialisasi musrenbang di empat kampung tersebut semua didasarkan pada potensi unggulan yang kemudian dikemas menjadi konsep tematik di setiap kampung, yakni ; Kampung Ngupasan sebagai kampung wisata budaya dan kuliner, Kampung Ketandan sebagai kampung budaya pecinan, Kampung Ratmakan sebagai kampung wisata budaya jawa dan Kampung Kauman sebagai kampung wisata religi dan sejarah.

Pada kesempatan musrenbang 2022 ini, Lurah Ngupasan, Drs. Didik Agus M juga menyampaikan bahwa, "Perencanaan pembangunan kewilayahan yang telah disusun dan disepakati tersebut nantinya harus diintegrasikan dengan kelanjutan sisa program RPJMD tahun 2017-2022 dan RPJMD antara 2022-2025 selama kekosongan jabatan kepala daerah Kota Yogyakarta". Jadi kedepan, nantinya sebagai pengawal dan penanggungjawab pelaksanaan RPJMD 2022-2025 adalah Kepala Wilayah dalam hal ini Mantri Pamong Praja dan Lurah di setiap wilayah dan harapannya hasil perencanaan musrenbang tersebut dapat dikolaborasikan antara konsep pembangunan tematik masing-masing wilayah.