KELURAHAN NGUPASAN GELAR SOSIALISASI TEKNIS LAYANAN JSS DAN SYAWALAN BERSAMA WARGA

Pemerintah Kota Yogyakarta sebagai pusat pelayanan administrasi, birokrasi dan perencanaan pembangunan, didalam mengemban amanahnya tentu tak lepas dari partisipasi dan dukungan dari segenap komponen/elemen masyarakat salah satunya jejaring kemitraan dengan perangkat pemerintahan di tingkat wilayah/basis, yakni Ketua RT dan Ketua RW. Dalam menjalankan tugasnya sebagai pelayan masyarakat, Ketua RT dan Ketua RW menjadi garda terdepan layanan administrasi kependudukan dan catatan sipil dimana secara teknisnya dijalankan melalui sistem berbasis aplikasi yang bernama "Jogja Smart Service (JSS)". Untuk lebih memudahkan dalam mengakses layanan administrasi melalui JSS, maka pada Rabu (18/05/2022) segenap Ketua RT, Ketua RW dan Ketua Kampung mengikuti sosialisasi teknis aplikasi JSS di aula Kelurahan.

Dalam kesempatan sambutannya, Lurah Ngupasan Drs. Didik Agus Mursihanta, menyampaikan bahwa, "Sosialisasi teknis layanan JSS ini sangat penting bagi Ketua RT dan RW mengingat mereka semua sebagai ujung tombak dalam pelayanan administrasi kependudukan dan catatan sipil bagi masyarakat. Sehingga diharapkan dengan sosialisasi teknis ini diharapkan pelayanan prima kepada masyarakat bisa lebih baik dan ditingkatkan",imbuh Didik. Hadir sebagai narasumber Bp. Joko Setiyadi, S.Si dari OPD Kominfosandi Yogyakarta, dalam paparan materinya menjelaskan terkait layanan JSS yang sering diakses oleh masyarakat yakni layanan adminduk dan capil seperti ; pembuatan akte kelahiran dan kematian, pembaharuan data kependudukan, layanan pengaduan. "Secara teknis layanan adminduk dan capil bagi masyarakat ini dapat dilakukan melalui 2 jalur, yakni layanan Whatsapp Dukcapil dan aplikasi JSS. Oleh karena itu, selain Ketua RT dan Ketua RW, maka warga masyarkat juga perlu dan penting untuk menginstall aplikasi JSS dalam media smartphonenya. Untuk kasuistik bagi warga masyarkat yang sudah lanjut usia dan atau berekebutuhan khusus, maka akses layanan JSS dapat dikuasakan oleh Ketua RT atau RW di wilayah, sehingga layanan bagi masyarkat ini bisa berjalan lebih cepat dan tepat.

Di akhir acara sosialisasi, Keluarga Besar Kelurahan Ngupasan menyampaikan ikrar syawalan 1443H yang diwakili oleh staf/karyawan  dan diucapkan/diikuti oleh segenap warga Ngupasan yang hadir. Sebagai penutup acara, Lurah Ngupasan memberikan ucapan selamat atas pisah sambut pergantian Sekretaris Lurah, dari yang baru yakni  Ibu Rr. Yunita Iswandari, SH menggantikan Bp. Dwi Wahyudi Hamzah, ST yang bertugas di tempat kerja yang baru yakni di Kelurahan Kricak Yogyakarta.