POJOK LAYANAN MANDIRI KELURAHAN NGUPASAN HADIR UNTUK MASYARAKAT

Pemerintah Kota Yogyakarta selain sebagai pusat birokrasi dan pemerintahan  juga merupakan pusat pelayanan administrasi, salah satunya layanan kependudukan dan catatan sipil bagi warga masyarakat. Seiring dengan berkembangnya sistem teknologi dan informasi, Pemerintah Kota Yogyakarta lebih dari setengah dasawarsa lalu telah membuat program inovasi yakni portal pelayanan administrasi terintegrasi berbasis teknologi dan internet yang bernama Jogja Smart Service (JSS). Portal online Pemerintah Kota Yogyakarta JSS tersebut layaknya pusat jendela informasi bagi warga masyarakat yang menyajikan berbagai layanan mulai dari berita seputar Jogja, layanan perizinan, etalase produk UMKM, layanan administrasi kependudukan dan capil hingga layanan pengaduan masyarakat.  

Portal online layanan terintegrasi JSS yang dihadirkan Pemerintah Kota Yogyakarta tersebut dimaksudkan untuk menyederhanakan dan memudahkan proses adminitrasi bagi warga masyarakat. Namun terkadang seiring berjalannya akses layanan JSS tersebut masih banyak dijumpai kendala/hambatan oleh sebagian masyarakat terutama warga lansia dan kaum disabilitas yang notabene memiliki keterbatasan kemampuan dalam hal teknis pengoperasian teknologi informasi dan internet. Untuk menjawab permasalahan tersebut, maka Kantor Kelurahan Ngupasan melalui Kepala Seksi Pemerintahan Keamanan dan Ketertiban, Bukhori Fajar Hidayat, SE membuat suatu aksi perubahan bernama "Pojok Layanan Mandiri". Lurah Ngupasan Drs. Didik Agus Mursihanta, dalam sambutannya menyampaikan bahwa, "Pojok Layanan Mandiri ini merupakan salah satu upaya inovasi dalam mewujudkan pelayanan prima bagi warga masyarakat dan secara tidak langung sebagai sarana edukasi dalam teknis pemanfaatan teknologi informasi bagi masyarakat".

Pada kesempatan laporan pelaksanaannya, Fajar menyampaikan bahwa, "Pojok Layanan Mandiri Kelurahan Ngupasan ini bertujuan untuk lebih mendekatkan dan memudahkan warga masyarakat dalam mengakses layanan administrasi yang terintegrasi dan terkoneksi secara online. Banyak hal yang dapat dimanfaatkan oleh warga dari Pojok Layanan Mandiri Kelurahan Ngupasan ini, antara lain ; pendampingan pembuatan akun JSS, pencetakan Kartu Keluarga (KK), pencetakan akte kelahiran dan akte kematian", pungkas Fajar. Pada kesempatan peresmian "Pojok Layanan Mandiri" Kelurahan Ngupasan, Mantri Pamong Praja Kemantren Gondomanan Subarjilan, SIP., M.Si berpesan bahwa, "Diharapkan kepada Ketua beserta pengurus RT dan RW di Kelurahan Ngupasan untuk dapat menyosialisasikan Pojok Layanan Mandiri ini kepada warganya dan akan lebih baik lagi jika layanan tersebut juga dapat dihadirkan di tingkat RW masing-masing.