PEMBINAAN POKJA IV DAN PERSIAPAN LOMBA POSYANDU TINGKAT KOTA YOGYAKARTA

Berbicara mengenai arah kebijakan pembangunan wilayah di Kota Yogyakarta, tentu tidak hanya berkutat pada sesuatu yang bersifat fisik semata, namun tak kalah pentingnya upaya pembangunan kualitas dan karakter masyarakat selaku subyek dan obyek pembangunan itu sendiri. Salah satu contoh faktor penting dalam proses pembangunan kualitas dan karakter sumber daya manusia (SDM), yakni melalui upaya peningkatan kualitas gizi masyarakat, khususnya bagi anak balita, dimana kita ketahui bersama bahwa mereka merupakan tunas dan aset berharga dan penting sebagai generasi penerus bangsa kita ini. 

Mengingat pentingnya pembentukan kualitas dan karakter generasi muda tersebut, maka pada Selasa (12/07/22) kemarin, dilaksanakan kegiatan pembinaan pokja IV TP. PKK Kelurahan Ngupasan yang dihadiri oleh perwakilan pengurus pokja IV TP. PKK Kota yogyakarta dan kader PKK se-Kelurahan Ngupasan. Dalam sambutannya, Lurah Ngupasan Drs. Didik Agus Mursihanta berpesan khususnya kepada para kader PKK, untuk mengaktifkan kembali pokja IV dan semangat berkarya menghidupkan lagi pos layanan terpadu (Posyandu) balita. Pada kesempatan tersebut, perwakilan pengurus Pokja IV TPP PKK Kota Yogyakarta, Bp. Imron menyampaikan mengenai pentingnya menggalakkan kembali posyandu di tiap RW, karena posyandu merupakan media yang sangat potensial dan strategis dalam upaya peningkatan kualitas kesehatan ibu dan balita, percepatan pencegahan stunting serta surveilans kesehatan berbasis masyarakat.

Selain menggalakkan kegiatan posyandu, imron juga mengingatkan kepada para kader pentingnya untuk mencatat, menginventarisir dan melaporkan kegiatan posyandu dan kegiatan yang telah dilakukan selama ini. Adapun pencatatan dan pelaporan kegiatan PKK tersebut mulai tahun ini TP. PKK Kota Yogyakarta telah memberikan kemudahan dengan membuatkan link media "google form", sehingga kedepan segala aktivitas dan administrasi PKK di masing-masing wilayah dapat terdokumentasikan lebih tertata dan sistematis. Namun jangan lupa kader PKK di wilayah untuk tetap melakukan pencatatan administrasi dan pelaporan kegiatan sesuai kategori buku yang ada. Sehingga diharapkan nantinya TP. PKK Kelurahan Ngupasan dapat siap menyongsong dan berpartisipasi dalam lomba posyandu tingkat kemantren se Kota Yogyakarta dengan hasil yang baik", pungkas imron.