PEMILIHAN

Seperti kita ketahui bahwa, Kota Yogyakarta selain memiliki predikat sebagai kota pelajar, budaya juga terkenal sebagai kota tujuan/destinasi wisata. Kelurahan Ngupasan yang merupakan bagian wilayah administrasi Kemantren Gondomanan juga memiliki ruang kawasan sangat strategis yang terletak di tengah jantung kota yakni Malioboro. Kelurahan Ngupasan yang juga masuk dalam kawasan sumbu filosofi tersebut, memiliki banyak potensi unggulan diantaranya kampung etnis Tionghoa Ketandan dan Kampung Wisata Kauman.

Untuk membantu mempromosikan potensi unggulan wilayah sebagai destinasi wisata alternatif di Kota Yogyakarta, maka melalui Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta terus menggalakkan dan menguatkan keberadaan "Kampung Wisata" yang telah dibentuk sejak 2016 lalu. Salah satu upaya yang dilakukan Dinas Pariwisata Yogyakarta yakni dengan mengadakan pemilihan "Mas dan Mba Kampung Wisata", sebagi duta wisata. Pada hari Sabtu (12/11/2022) lalu, pengurus Kampung Wisata Kauman, Kelurahan menggelar acara "Audisi Mas dan Mba Kampung Wisata Kauman" di aula Kelurahan Ngupasan. Dalam sambutannya, Lurah Ngupasan Drs. Didik Agus Mursihanta menyampaikan bahwa pentingnya generasi muda milenial saat ini menjadi ujung tombak dalam promosi Kampung Wisata Kauman, sehingga kedepan kampung wisata menjadi salah satu tujuan wisata alternatif yang menarik di Kota Yogyakarta. Lebih lanjut dijelaskan Didik, bahwa audisi mas dan mba Kamwis Kauman ini di ikuti oleh generasi muda-mudi di setiap kampung di Kelurahan Ngupasan dan didapatkan dua pasang calon mas dan mba Kamwis Kauman", pungkas didik. 

Audisi mas dan mba Kamwis Kauman ini berlangsung cukup ketat karena dipilih melalui proses seleksi administrasi dan melewati pertanyaan oleh tiga dewan juri yang berasal dari pengurus Kamwis Kauman, pengurus Pokdarwis Ngupasan dan tokoh masyarakat. Setelah melalui seleksi ketat tersebut, akhirnya terpilih "Mas dan Mba Kampung Wisata Kauman" terbaik, yakni Rizky septian hutama (mas) dan Puteri Lestari (mba). Sebagai apresiasi, Dinas Pariwisata Yogyakarta memberikan penghargaan berupa uang pembinaan dan piagam serta kesempatan mengikuti promosi kegiatan Dinas Pariwisata Yogyakarta mendatang.