RW 10 KAUMAN BERHASIL SABET JUARA 3 KAMPUNG PROKLIM YOGYAKARTA 2022

Setelah melewati tahapan seleksi administrasi dan penilaian ferivikasi/kunjungan lapangan oleh tim, maka pada hari ini Rabu (14/12/2022) Kelurahan Ngupasan berhasil menyabet juara tiga "Kampung Proklim Tahun 2022", dalam gelaran acara "Anugerah Lingkungan Kota Yogyakarta 2022" yang diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta di Ruang Bima Kompleks Balaikota Yogyakarta. Apresiasi penghargaan anugerah lingkungan Kota Yogyakarta diserahkan langsung oleh Penjabat Walikota Yogyakarta Bp. Sumadi, SH, MH yang diserahterimakan kepada Ketua RW 10 Kampung Kauman Bp. M. Chawari, M.Hum dan didampingi oleh Mantri Anom Kemantren Gondomanan.

Prestasi RW 10 Kampung Kauman sebagai kampung proklim tersebut sudah barang tentu diraih melalui perjuangan panjang dalam menata dan mengelola lingkungan. Beberapa parameter tata kelola lingkungan yang telah dirintis warga masyarakat RW 10 Kauman tersebut diantaranya meliputi ; adaptasi lingkungan, mitigasi dan dukungan keberlanjutan masyarakat. Lebih lanjut dijelaskan terkait adaptasi lingkungan yang dimaksud antara lain yakni pengendalian bencana alam, pengendalian penyakit dan peningkatan ketahanan pangan. Sementara itu untuk parameter mitigasi antara lain pengelolaan sampah, budidaya pertanian dan penghijauan lingkungan.

Dalam sambutannya Penjabat Walikota Yogyakarta, Bp. Sumadi SH, MH., menyampaikan ucapan selamat bagi para penggiat lingkungan yang telah meraih prestasinya. Disamping itu beliau juga berpesan, "Agar masyarakat jangan berhenti berproses setelah menerima penghargaan ini, akan tetapi justru terpacu semangat untuk setidaknya mempertahankan apa yang telah diupayakan dan diraih saat ini, namun yang terpenting adalah proses penataan proklim tersebut harus dilakukan secara berkelanjutan. Syukur Alkhamdulillah jika kedepan masing-masing wilayah mampu meningkatkan kualitas dalam tata kelola lingkungan yang jauh lebih baik lagi", pungkasnya.