DLH KOTA YOGYAKARTA MONITORING DAN PENDAMPINGAN KELOMPOK BANK SAMPAH KELURAHAN NGUPASAN

Hari ini Rabu (10/05/2023) Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta bersama tim fasilitator forum bank sampah Kota Yogyakarta melakukan kunjungan dalam rangka monitoring dan pendampingan kelompok bank sampah di Kelurahan Ngupasan.  Dalam sambutannya Lurah Ngupasan Drs. Didik Agus Mursihanta menyampaikan bahwa pentingnya monitoring bank sampah ini untuk mengaktifkan dan menggiatkan kembali tugas pokok dan fungsi dari kelompok bank sampah ini dalam mengawal dan mengedukasi warga masyarakat di wilayah dalam upaya membantu permasalahan sampah di Kota Yogyakarta.

Pada kesempatan monitoring bank sampah Kelurahan, hadir perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta Bp. Mursid beserta empat orang tim fasilitator forum bank sampah Kota Yogyakarta yang melakukan ferivikasi dan diskusi terkait beberapa hal antara lain yakni pengecekan dokumen administrasi, laporan kegiatan dan laporan keuangan pengelolaan bank sampah. Adapun kelompok bank sampah Kelurahan Ngupasan yang berkesempatan hadir antara lain ; Beskid, Awet Resik, Grezeck Bank, Mitra Makmur, Migunani, Mesem, Mitra insani, Barokah.

Dari hasil monitoring oleh tim DLH Kota Yogyakarta, diperoleh kesimpulan bahwa rata-rata terkait dengan tertib administrasi bank sampah masih perlu di tingkatkan khususnya dalam hal pencatatan terkait data penerimaan dan pengeluaran bank sampah dan intensitas waktu pelayanan penerimaan donor bank sampah. Sedangkan terkait dengan intensitas waktu pelayanan pembukaan/penerimaan donor sampah di masing-masing bank sampah diharapkan untuk bisa ditambahkan, misalnya dalam satu bulan layanan donor sampah anorganik dapat dilayani dua atau tiga kali dengan mempertimbangkan di hari dan waktu libur misal Sabtu dan minggu. Hal tersebut dimaksudkan agar, tidak ada penumpukan sampah anorganik di masing-masing rumah tangga dan agar terjadi perputaran keuangan baik dari kelompok bank sampah maupun warga masyarakat selaku pendonor sampah.