WARGA NGUPASAN ANTUSIAS IKUTI PELATIHAN FOTOGRAFI DAN PROMOSI KULINER

Salah satu sektor pendukung sekaligus daya tarik di suatu destinasi wisata yakni adanya produk kuliner yang khas dari daerah setempat. Keberadaan suatu destinasi wisata biasanya tak lepas dengan adanya produk kuliner yang ditawarkan di sekitar area wisata bahkan tidak mungkin menjadi bagian dari paket wisata di daerah tersebut. Mengenalkan dan menawarkan suatu produk kuliner tentu membutuhkan pengetahuan dan strategi yang tepat dan terarah, agar produknya dikenal baik dan laris di pasaran. Mengingat pentingnya hal tersebut, maka para pelaku UMKM kuliner di Kelurahan Ngupasan pada hari ini Rabu (5/07/2023) mengikuti kegiatan "Pelatihan Fotografi dan Promosi Kuliner" di aula Kelurahan Ngupasan.

Pada kesempatan membuka acara, Sekretaris Lurah Ngupasan Ibu Rr. Yunita Iswandari, SH menyampaikan bahwa pelatihan fotografi dan promosi kuliner ini diharapkan menjadi modal dasar bagi para pelaku UMKM kuliner untuk dapat lebih mengenalkan dan mengembangkan usaha kulinernya secara luas di dunia maya. Pada sesi materi pertama hadir narasumber yakni Sdr. Irfan Rosyid K yang mengupas banyak tentang teori dan teknik fotografi, khususnya menghasilkan suatu foto produk kuliner. Para peserta pelatihan yang notabene adalah para pengusaha kuliner ini pun juga berkesempatan praktek langsug cara mengambil/memfoto produk kulinernya masing-masing menggunakan saranan handphone serta didukung dengan piranti fotografi yang cukup memadai, sehingga hasilnya pun lebih maksimal.

Pada sesi materi kedua, hadir narasumber yakni Sdr. Edy Kurniawan, S.Kom (marketing Autorin), yang banyak mengupas/membahas terkait pengetahuan dan strategi promosi/pemasaran produk kuliner UMKM. Lebih lanjut dijelaskan bahwa, di era digital saat ini hampir semua produk barang, jasa termasuk kuliner telah banyak dan mudah didapatkan informasinya melalui media sosial. Untuk itu, penting kiranya para pelaku UMKM kuliner di Kelurahan Ngupasan harus mampu beradaptasi dengan pola/model promosi yang lebih mudah dan cepat diakses oleh banyak orang. Salah satu solusinya yakni dengan memilih dan memanfaatkan sarana media sosial yang saat ini berkembang seperti ; Instagram, Whatsapp Business, Tiktok,Facebook dst. Dengan sering promosi dengan mengunggah foto produk kuliner di media sosial tersebut, maka sudah dipastikan banyak konsumen dapat melihat dan bisa terjadi transaksi secara online, sehingga bahkan tidak mungkin produk kuliner tersebut akan menjadi viral di media sosial.