SOSIALISASI PENGAMANAN LINMAS TPS KELURAHAN NGUPASAN MENGHADAPI PEMILU 2024

Seperti kita ketahui bersama bahwa ajang kontestasi politik lima tahunan bernama Pemilu, sudah menanti kita besok pada tanggal 14 Februari 2024. Pihak penyelenggara dan peserta pemilu 2024 pun telah dan masih mempersiapkan diri terkait dengan tugas & kewenangannya guna menyukseskan pemilu 2024 mendatang. Mengingat pentingnya agenda tersebut, maka pada hari Kamis (08/11/2023) Kemantren Gondomanan melalui Kelurahan Ngupasan menggelar acara "Sosisalisasi Pengamanan Linmas TPS Kelurahan Ngupasan menghadapi Pemilu 2024" yang dihadiri oleh jajaran Forkompimtren Gondomanan, jajaran PPK Kemantren Gondomanan dan tentunya tim linmas se-Kelurahan Ngupasan.

Dalam sambutan dan arahannya, Mantri Pamong Praja Gondomanan Subarjilan SIP., M.Si, menyampaikan bahwa sebagai salah satu bagian penyelenggara pemilu, diharapkan Linmas yang nanti akan di tugaskan di setiap TPS, perlu mengetahui dan memahami terkait dengan tugas pokok dan fungsinya. Namun secara umum bahwa Linmas TPS nantinya akan menjadi garda terdepan dalam mengawal dan ikut menciptakan kondusivitas saat pelaksanaan hari pemungutan suara. Pada kesempatan pertama, hadir Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Yogyakarta Ratna Mustika Sari, SIP., MA menjelaskan bahwa Linmas TPS merupakan salah satu pihak penyelenggara pemilu yang memiliki peran strategis tidak hanya saat mengawal saat jalannya proses pemungutan dan rekapitulasi suara di TPS, namun juga bertugas untuk ikut dalam mengawasi dan mengamankan proses distribusi logistik jelang pelaksanaan pemilu. Lebih lanjut Ratna (red) menyampaikan bahwa dua personil linmas nantinya akan di plot untuk berjaga di pintu masuk dan pintu keluar TPS.

Pada kesempatan narasumber kedua, yakni Danramil Kemantren Gondomanan menyampaikan Mayor Inf. Dhedy memaparkan tentang pentingnya para penyelenggara pemilu salah satunya Linmas TPS, jajaran PPK, PPS, TNI, Polri serta ASN untuk selalu menjaga indepedensi atau netralitas selama proses tahapan pemilu 2024 mendatang. Hal tersebut penting untuk di ingat, dipatuhi dan dilaksanakan bersama karena kita semua menginginkan bahwa proses berdemokrasi tahun 2024 di Kelurahan Ngupasan khususnya dan Kemantren Gondomanan pasa umumnya dapat berlangsung dengan aman, tertib, lancar dan damai serta menghasilkan calon pemimpin yang berkualitas. Sementara itu, Kapolsek Gondomanan Kompol Jalil, di sela-sela diskusi juga menyampaikan bahwa, diharapkan Linmas bisa memberikan edukasi kepada masyarakat di wilayahnya, khususnya dalam masa kampanye pemilu yang dimulai 28 November mendatang agar ikut menciptakan suasana yang kondusif yakni dengan mengikuti kampanye sesuai dengan aturan yang berlaku termasuk aturan berlalu lintas yang baik dan benar.