KELURAHAN NGUPASAN GELAR MUSRENBANG  2024

Mengawali tahun baru 2024 sekaligus menjadi kegiatan di triwulan pertama, Kelurahan Ngupasan menggelar hajatan rutin yakni musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) tahun 2024 untuk perencanaan pembangunan tahun 2025. Pada musrenbang tahun 2024 kali ini juga menghadirkan jajaran OPD teknis Pemerintah Kota Yogyakarta secara daring antara lain ; Ka. Bappeda Yogyakarta, Ka. Bag. Tapem Setda Kota Yogyakarta, jajaran Forkompimtren Kemantren Gondomanan, Ketua Kampung, Ketua Lembaga Sosial, serta Ketua RW se Kelurahan Ngupasan. Dalam sambutan sekaligus membuka acara Musrenbang, Plt. Lurah Ngupasan Rr. Yunita Iswandari, SH menyampaikan bahwa, "Musrenbang 2024 ini merupakan hasil penajaman, penyelarasan dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan wilayah saat musyawarah pra musrenbang yang telah dirangkum di level Kampung. Sehingga harapan kita bersama usulan musrenbang 2024 ini sudah mengakomodir dan merepresentasikan kebutuhan dan tematik pembangunan berdasarkan karakteristik wilayah", pungkasnya.  

Dalam musrenbang 2024 ini hadir dan sekaligus memberikan sambutan dan arahan dari Mantri Pamong Praja Kemantren Gondomanan 2024 Bp. Cahya Wijayanta, S.Sos yang menyampaikan, "Bahwa usulan musrenbang 2024 ini seyogyanya diselaraskan dan diproyeksikan dengan Rencana Kegiatan Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Yogyakarta. Salah satunya adalah terkait dengan keberlanjutan program Pemerintah Kota Yogyakarta yakni Gerakan Zero Sampah Anorganik (GZSA) melalui kegiatan pengolahan sampah di wilayah, dimana itu menjadi usulan utama/prioritas pada usulan musrenbang 2024. Sehingga harapan kita semua, melalui musrenbang ini menjadi sarana/media pendukung dalam menyukseskan program Kota Yogyakarta bersih dari sampah. 

Sementara itu, Ketua LPMK Ngupasan Bp. Julianto dalam kesempatannya memaparkan terkait konsep pembangunan tematik di empat kampung yakni Ngupasan, Ketandan, ratmakan dan Kauman dimana di 2024 ini merupakan kelanjutan dari pembangunan tematik kampung, hanya sasaran lokasinya saja yang berbeda. Adapun terkait dengan ploting anggaran musrenbang 2024 kali tebagi atas tiga kategori yakni usulan kegiatan utama, kegiatan pendukung dan kegiatan operasional, dimana total pagu dari semua usulan kegiatan tersebut mencapai sebesar Rp. 838.227.868,-.