POKJA 2 PKK KELURAHAN NGUPASAN GELAR PELATIHAN MEMBUAT OLAHAN MAKANAN RINGAN/CEMILAN

Di hari Kamis, 1 Februari 2024 ada sesuatu yang istimewa yang dilakukan oleh Pokja II PKK Kelurahan Ngupasan, yakni menggelar kegiatan berupa "Pelatihan Membuat Makanan Olahan Cemilan", yang diadakan di eks kantor Kelurahan Ngupasan di ledok Ratmakan. Adapun pelatihan yang di inisiasi Pokja II tersebut tersebut di ikuti oleh para kader PKK dan segenap warga masyarakat para pelaku usaha UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Kelurahan Ngupasan. 

Dalam kesempatan sambutannya, Ketua Pokja II PKK Ngupasan Ibu Tri Rohwani, menyampaikan bahwa, "Pelatihan Membuat Makanan Olahan Cemilan" ini merupakan salah satu wujud nyata tugas dan fungsi PKK dalam memberikan pembinaan yang meliputi penyuluhan, pelatihan, bimbingan teknis guna meningkatkan keterampilan bagi kadernya maupun masyarakat pelaku UMKM. Harapannya, dengan pembekalan pelatihan membuat makanan olahan cemilan ini dapat menjadikan tambahan penghasilan bagi warga masyarakat.

Sementara itu, hadir dalam pembukaan pelatihan Plt. Lurah Ngupasan Rr. Yunita Iswandari, SH dalam kesempatan sambutannya menyampaikan bahwa, pelatihan makanan olahan cemilan ini merupakan inisiasi kreatif dari Pokja II PKK yang diusulkan dalam proses musrenbang tahun 2023 yang lalu dan direalisasikan awal 2024 ini. Harapan kami, semoga dengan pembekalan pelatihan yang cukup singkat ini, dapat memberikan tambahan wawasan, pengalaman dan referensi bagi para kader PKK maupun warga masyarakat serta menjadi referensi peluang usaha ekonomi produktif bagi keluarga", pungkasnya. 

Mengawali pelatihan di sesi pertama, selaku narasumber dan instruktur yakni Ibu Winaryati, S.Si memaparkan tentang resep/bahan, cara pengolahan dan pengemasan makanan ringan/cemilan antaram lain stik cakar ayam, kacang disco, stik bayam dan kacang bawang. Satu persatu jenis olahan makanan ringan di jelaskan dan dipraktekkan oleh instruktur tentang cara pengolahan adonan resep hingga teknik memasak. Di sesi terakhir pelatihan, peserta pelatihan juga di jelaskan tentang teknis penyajian & pengemasan makanan ringan agar tetap awet dan renyah.