PJ WALIKOTA YOGYAKARTA BERI APRESIASI, PADA FESTIVAL NGAPEM RUWAHAN DI RATMAKAN

Di tengah cerah dan teriknya matahari di hari Minggu (25/02/2024) warga Kampung Ratmakan Kelurahan Ngupasan berbaris dan bersuka cita dalam arak-arakan pawai budaya yang berkeliling disepanjang JL M.Suryotomo, Sriwedani, Malioboro, Titik O Km, JL Senopati. Pawai budaya tersebut merupakan bagian rangkaian acara "Festival Ngapem Ruwahan 2024" yang digelar oleh warga Kampung Ratmakan bekerja sama dengan Kelurahan Ngupasan. Adapun rombongan pawai budaya festival ngapem ruwahan tersebut terdiri dari bregodo rakyat, bregodo srikandi, edan-edanan dan atraksi barongsai yang mengawal tiga macam gunungan yakni, gunungan ruwahan, gunungan sayur dan gunungan bakpia kukus tugu jogja.

Sesampainya finish di Kali Mas JL. Suryotomo, rombongan pawai budaya festival ngapem ruwahan disambut langsung oleh Bapak Pj. Walikota Yogyakarta Singgih Raharjo, SH., M.Pd yang didampingi oleh Mantri Pamong Praja Gondomanan dan Plt Lurah Ngupasan. Di titik finish tersebut masing-masing kelompok peserta pawai saling beratraksi dan membuat pak Pj Walikota terpukau dan beliau secara spontan memberikan apresiasi berupa "angpao" kepada salah satu penampil barongsai dan kemudian dilanjutkan dengan foto bersama. Dalam kesempatan sambutannya Ketua Panitia Festival Ngapem Ruwahan Bp.Munadzirin menyampaikan, bahwa, "Festival Ngapem ini merupakan kali kedua dan ini merupakan bentuk kepedulian warga kami untuk melestarikan adat tradisi ruwahan untuk menyongsong bulan Ramadhan. Bersambung dengan sambutan Plt Lurah Ngupasan Ibu Rr. Yunita Iswandari, SH menyampaikan bahwa kegiatan festival ngapem ruwahan ini merupakan realisasi dari usulan musrenbang di tahun 2023 lalu dan harapannya kegiatan tersebut dapat berkesinambungan dan lebih meriah di tahun mendatang.

Sebelum ketiga macam gunungan festival ngapem yakni gunungan ruwahan, gunungan sayur dan gunungan bakpia kukus dibagikan kepada warga dan pengunjung, Bapak Pj Walikota Yogyakarta berpesan dalam sambutannya, "Bahwa momentum festival ngapem ruwahan ini dapat dijadikan sebagai media pemersatu, golong gilig dan penggerak bagi semua elemen masyarakat dalam ikut menyukseskan pembangunan kewilayahan yang berkarakter. Sebagai puncak acara festival ngapem ruwahan, Bp Pj Walikota Yogyakarta menerima secara simbolis "paket makanan ruwahan" yang terdiri dari ketan, kolak dan apem dari Plt Lurah Ngupasan yang dengan di iringi lantunan gendhing gamelan yang syahdu. Setelah prosesi simbolis penyerahan makanan ruwahan tersebut, maka panitia membagikan gunungan ruwahan, gunungan sayuran dan gunungan bakpia tersebut kepada warga dan pengunjung untuk menikmatinya. Suasana khidmat dan meriahpun dilengkapi dengan sajian tarian dan flashmob bersama antara pejabat Forkompimtren Gondomanan beserta warga masyarkat, (bin)