PJ WALIKOTA YOGYAKARTA KUNJUNGI PASAR TIBAN RAMADHAN DAN BERBUKA PUASA BERSAMA JAMAAH MASJID GEDHE YOGYAKARTA

Sore hari kemarin Rabu (13/03/2024), di tengah hiruk pikuk keramaian para pengunjung pasar tiban Kampung Ramadhan yang ada di gang Kauman yang hanya selebar 3 meter dan membentang sepanjang kurang lebih lima ratus meter itu, terlihat ada yang berbeda dan menarik perhatian pengunjung, yakni penjabat Walikota Yogyakarta Bp. Singgih Raharjo, Sh., M.Pd beserta ibu yang juga sedang asyik menikmati suasana dan berbelanja aneka sajian kuliner khas Ramadhan. Kehadiran Pj Walikota di kampung Ramadhan di Kauman kali ini merupakan kunjungan spontan pribadinya beserta keluarga untuk mengisi waktu senggang beliau menunggu waktu berbuka tiba. Dalam kunjungan Pj Walikota tersebut turut menyertai Mantri Pamong Praja Kemantren Gondomanan Bp. Cahya Wijayanta, S.Sos, yang ikut menyambangi lapak para pedagang kuliner khas Ramadhan seperti kicak, songgo buwono, jajan pasar dan aneka lauk pauk yang tentunya menggugah selera para pengunjung.

Di tengah tengah kunjungannya pak PJ Walikota berdialog dengan salah satu pedagang jajan pasar, beliau menjelaskan bahwa,  "Pasar tiban kampung Ramadhan di Kauman ini sudah berlangsung puluhan tahun lalu dan masih eksis di tengah persaingan era pasar online/digital ini, bagi saya sesuatu yang luar biasa dan patut diapresiasi khususnya dari sisi keguyuban dan gotong royong warga untuk menghidupkan suasana lorong gang di tengah perkampungan padat di perkotaan.

Di tengah tengah kunjungannya pak PJ Walikota berdialog dengan salah satu pedagang jajan pasar, beliau menjelaskan bahwa,  "Pasar tiban kampung Ramadhan di Kauman ini sudah berlangsung puluhan tahun lalu dan masih eksis di tengah persaingan era pasar online/digital ini, bagi saya sesuatu yang luar biasa dan patut diapresiasi khususnya dari sisi keguyuban dan gotong royong warga untuk menghidupkan suasana lorong gang di tengah perkampungan padat di perkotaan. Lebih daripada itu, pasar tiban di Kauman ini diharapkan agar tetap dipertahankan dan ditingkatkan menjadi salah satu daya tarik wisata kuliner saat momentum Ramadhan yang tentu sedikit banyak akan meningkatkan pendapatan ekonomi bagi warga masyarakat.

Di akhir kunjungannya, Pak Pj Walikota beserta istri juga menyambangi para jamaah di Masjid Gedhe Karaton Yogyakarta yang sedang menanti waktu berbuka puasa dan kehadirannya disambut oleh pengurus takmir Masjid Gedhe beserta tokoh masyarakat Kauman. Di sela sela menunggu waktu berbuka, salah satu pengurus takmir Masjid Gedhe M. Chawari M.Hum, menjelaskan bahwa, "Kegiatan takjil (berbuka puasa bersama) ini setiap harinya takmir menyediakan menu berbuka kurang lebih  sekitar dua ribu porsi dengan menu bervariasi di setiap harinya. Kegiatan takjil tersebut tentunya tak lepas dari dukungan donasi baik infaq dan sodaqoh dari para warga sekitar bahkan dari kalangan pengusaha, pungkasnya." Saat suara kumandang adzan Magrib yang menandai waktu berbuka terdengar, maka PJ Walikota Yogyakarta beserta istri dan didampingi MPP Gondomanan beserta pengurus takmir masjid kemudian bersantap bersama menikmati hidangan menu takjil dengan suasana khidmat dan santai. (bin)