PLT LURAH NGUPASAN KUKUHKAN KEPENGURUSAN FORUM PEMBAURAN KEBANGSAAN PERIODE 2024-2026

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Indonesia secara geografis merupakan negara kepulauan dan memiliki keaneragaman antara lain ; kekayaan alam, suku, agama, budaya yang masih tetap eksis hingga saat ini. Dengan banyaknya kekayaan dan beranekaragam yang Indonesia miliki itu, tentu menjadi kewajiban kita sebagai anak bangsa untuk berusaha mempertahankan, menjaga dan melestarikan potensi sekaligus aset anak cucu bangsa kita. Salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk menjaga dan melestarikan semua itu, yakni dengan memupuk semangat persatuan dan kesatuan antar pulau, suku, agama, dan budaya yang beranekaragam tersebut. Mengingat pentingnya hal tersebut, maka salah satu wujud nyata yang dilakukan oleh Kelurahan Ngupasan yakni, pada Kamis (21/03/2024) membentuk dan mengukuhkan kepengurusan "Forum Pembauran Kebangsaan (FPK)" Kelurahan Ngupasan periode 2024-2026. 

Dalam sambutannya, Plt Lurah Ngupasan Adiyanto Catur Prasojo, S.Sos menyampaikan bahwa, "Kelurahan Ngupasan yang berada di wilayah Kemantren Gondomanan ini, terdiri dari empat kampung yakni Ngupasan, Ratmakan, Kauman dan Ketandan. Adapun dari empat kampung tersebut, ada satu kawasan khusus yang sejak puluhan tahun lalu menjadi pusat peradaban warga non pribumi/Tionghoa. Maka dari itu penting bagi warga Ngupasan untuk dapat saling berbaur dan berkolaborasi berkegiatan dan berkontribusi terhadap wilayah dalam satu wadah bernama Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) ini. Pembauran kebangsaan dapat menjadi wadah bersama lintas ras, suku, etnis, melalui interaksi sosial dalam bidang bahasa, adat istiadat, seni budaya, pendidkan, dan perekonomian untuk mewujudkan kebangsaan Indonesia tanpa harus menghilangkan identitas ras, suku, dan etnis yang ada dalam kerangka NKRI", pungkas Catur

Pada kesempatan pengukuhan kepengurusan FPK Kelurahan Ngupasan periode 2024-2026, berdasarkan musyawarah/rapat koordinasi berbagai elemen warga masyarakat empat kampung tersebut, telah disepakati bersama struktur kepengurusan yakni selaku Ketua terpilih yakni Sdri Aziza Della Marza (Ratmakan-Sumbar), sekretaris Sdr Christian Benatan (Ketandan-Bali), Anggota Sdri Kiani Karomah Ilahi (Kauman-Jawa), Mujinem (Ketandan-Tionghoa), Sdr Rizky Seftian Hutama (Ngupasan-Tionghoa). FPK Dalam kesempatan sambutannya selaku Ketua FPK terpilih, Sdri Aziza Della Marza menyampaikan bahwa FPK Kelurahan Ngupasan ini nantinya dapat menjadi wadah informasi, komunikasi, konsultasi dan kerjasama antara warga masyarakat yang diarahkan untuk menubuhkan, memantapan, memelihara dan mengembangkan pembauran kebangsaan, khususnya di Kelurahan Ngupasan. (bin)