PENYULUHAN KESEHATAN BAGI LANSIA WARGA KELURAHAN NGUPASAN

Usia lanjut bukan menjadi halangan untuk tetap semangat menjalani hidup dengan berbagai aktivitas kesehariannya bahkan tidak mungkin bisa menjadi pribadi yang tetap produktif. Seperti yang telah dibuktikan oleh segenap lansia warga lansia yang meski di siang hari mereka antusias menghadiri acara "Penyuluhan Kesehatan Bagi Lansia" pada hari Kamis 1(11/07/2024) yang difasilitasi oleh Kelurahan Ngupasan. Dalam kesempatan sambutannya, Lurah Ngupasan SUTANA, SIP menyampaikan bahwa saat menapaki usia senja nanti bukan berarti kita akan menjadi kelompok yang termarjinalkan dan sudah tak berdaya guna. Justru sebelum memasuki masa pralansia, kita harus mempersiapkan diri untuk memiliki perencanaan program/kegiatan yang yang dapat bermanfaat untuk mengisi kegiatan di usia senja. Namun selain itu, yang tak kalah pentingnya dan tidak boleh dilupakan bagi lansia yakani agarĀ  tetap selalu menjaga kondisi kesehatan agar tetap bisa menjadi aktivitas kesehariannya dengan penuh semangat.

Hadir sebagai narasumber dalam acara penyuluhan kesehatan lansia tersebut yakni Ibu Fitnaningsih Endang, M.Kes praktisi kesehatan dari RS PKU Muhammadiyah.Dalam paparan materinya Ibu Endang menyampaikan bahwa kelompok lansia sejatinya merupakan kelompok yang paling rentan terhadap serangan penyakit terutama penyakit degeneratif (menurun) yakni seperti penyakit hipertensi, jantung dan diabetes melitus. Untuk itu sangat penting bagi kita yang sudah memasuki usia pralansia mengetahui dan memahami bagaimana cara mengantisipasi atau mencegah terkena penyakit tersebut dengan cara menghindari faktor resiko penyebabnya. Adapun faktor resiko yang sering kita terlena atau bahkan terlupakan yakni terkait konsumsi bahan makanan seperti gula, garam dan kandungan lemak di setiap olahan makanan kita dan sudah semestinya, di masa lanjut usia kita harus mampu mengurangi dan mengontrol konsumsi bahan tersebut.

Lebih lanjut ibu Endang sampaikan, "Sebaliknya, disaat sudah memasuki pra lansia di sekitar umur 50 tahun, hendak nya kita mulai menjaga pola konsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi, dengan cara menyeimbangkan kandungan protein, karbohidrat dan vitamin sesuai kebutuhan tubuh kita. Selain itu yang tidak kalah pentingnya untuk kita dapat menjaga stamina dan kesehatan saat usia lanjut, yakni dengan tetap menjalani olah raga rutin dan teratur serta menerapkan pola hidup sehat yakni dengan tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol dan jangan lupa selalu kontrol diri dengan rutin periksa kesehatan diri secara rutin di layanan kesehatan. Jika kita mau dan mampu menjalani pola hidup sehat, maka insya Alloh saat kita lansia nanti kita tetap menjadi pribadi yang tetap bisa aktif berkegiatan dan bahkan menjadi pribadi yang produktif serta berprestasi.